Hay para travellers, pada mau liburan ke kota Gadis nih? Hmm, Madiun memang memiliki julukan sebagai Kota Gadis, apa mungkin di madiun banyak gadis nya yach ? hehe, kalo emang gitu kabar baik nih buat para jomblowan.

Selain kota Madiun memiliki julukan sebagai Kota Gadis, Madiun juga memiliki berbagai macam jenis julukan seperti Kota Brem, Kota Pecel, dan yang lebih keren nya Madiun memilik Julukan sebagai Kota nya Para Pesilat karena disana terdapat berbagai macam Aliran Silat yang terkenal dan lahir dari Madiun, Wah keren yah, dan banyak banget gelar Kota ini.

Selain Madiun memiliki banyak gelar tersebut, ternyata Madiun juga memiliki banyak sekali Objek Wisata nya loh, Madiun beralokasi di sebelah barat kota Surabaya, atau Kurang lebih sekitar 111 Km sebelah timur dari Surakarta Jawa tengah.

Objek Wisata Alam di Madiun Jawa Timur

DAFTAR OBJEK WISATA ALAM DI MADIUN JAWA TIMUR

Berikut akan kami sajikan berbagai macam objek wisata alam yang terdapat di Madiun yang dapat kamu jelajahi dan nikmati keindahan nya, langsung saja :
1. Objek Wisata Air Terjun Seweru
Air terjun yang satu ini memiliki banyak nama , tidak hanya memiliki nama Seweru, akan tetapi air terjun ini juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Serondo dan Air Terjun Kedung Malam.

Air Terjun ini beralokasi di lereng Gunung Wilis, yaitu di Dusun Seweru, Ds. Kare. Dan jarak untuk menuju tempat ini dari Pusat Kota Madiun berjarak sekitar 15 Km.

Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl. Oleh karena itu suasana di sekitar air terjun ini sangat lah sejuk dan sangat menenangkan.

Oleh pengelola Air Terjun di bagian bawah nya suda di sediakan penampungan air dengan bentuuk semacam kolam sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai tempat bermain air bahkan untuk berenang sekalipun.

Menurut pendapat masyarakat sekitar air terjun, air yang mengalir itu berasal dari sela sela pepohonan di sekitaran kaki Gunung wilis.

Bila Anda tertarik untuk mengunjungi wisata air terjun ini, Anda dapat memanfaatkan sepeda montor sebagai sarana transportasi untuk masuk menuju Dusun Seweru. Dan Montor Anda diparkir di situ, jarak parker menuju ke air terjun Anda harus berjalan kaki sekitar 1 km melalui jalan setapak untuk sampai ke sana.

Anda dapat masuk kedalam objek wisata ini dengan patokan biaya sebesar Rp. 2000,00, Akan tetapi diwaktu waktu tertentu Para Pengunjung dibebaskan untuk masuk ke wilayah air terjun tanpa harus dipatoki biaya tiket sepeser pun.
2. Tempat Wisata Air Terjun Krecekan Denu
Air Terjun yang satu ini berada di Dsn. Gilingan Ds. Kepel Kec. Kare, Kab. Madiun. Air Terjun ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Madiun dan bias ditempuh dengan waktu kurang dari 45 Menit perjalanan.

Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian kurang dari 20 meter. Memang sih tidak terlalu tinggi, tetapi pesona alam sekitarnya benar benar masih sangat sejuk dan terawat dengan baik. Sampai sekarang ini tempat wisata yang baru ditemukan di Tahun 2012 ini masih belum terlalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun krecekan denu, begitu sampai di tempat parkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki salam kurang lebih 15 menit.

Medan perjalanan yang harus ditempuh tergolong cukup ekstrim. Namun secara keseluruhan masih sangat sepadan dengan pesona keindahan yang akan didapatkan nantinya. Tiket masuk ke tempat ini hanya sebesar 2 ribu rupiah. Sedangkan biaya parkir kendaraan sebesar 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua, dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

3. LIBURAN DI WADUK KEDUNG BRUBUS
Tempat wisata di Madiun yang ini adalah Waduk Kedungbrubus. Waduk Kedungbrubus ialah waduk irigasi yang terletak di Dusun Kedungbrubus, Desa Bulu, Kec. Pilangkenceng, Kab. Madiun.

Fungsi utama waduk ini ialah sebagai fasilitas irigasi. Akan tetapi di area sekitar waduk ini masyarakat banyak mendirikan berbagai macam fasilitas wisata, sehingga lama kelamaan tempat ini menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Ada banyak fasilitas wisata yang bisa dinikmati di waduk ini ialah : warung makan, kamar mandi, tempat bersantai, dll.

Di sekitar waduk, para pengunjung juga dapat menikmati sajian wisata berupa sejarah fosil purbakala. Akses menuju waduk ini tergolong cukup mudah. Tidak hanya itu, untuk bisa menikmati sajian wisata di tempat ini para pengunjung juga tidak dikenai biaya tiket masuk sama sekali

4. MENGUNJUNGI WADUK NOTOPURO
Waduk Notopuro ini berlokasi di Dusun Notopuro, Desa Duren, Kec. Pilangkenceng, Kab. Madiun. Waduk Notopuro ini berjarak sekitar 15 KM dari pusat Kota Caruban.
Sama akan Waduk Kedungbrubus, Waduk Notopuro juga berfungsi sebagai sarana irigasi oleh masyarakat. Perbedaanya, waduk ini tidak berasal dari saluran air melainkan sebuah waduk tadah hujan yang menampung aliran air dari sekitar Hutan Lereng Gunung Pandan.

Waduk Notopuro buka selama 24 jam non stop. Waktu terbaik untuk berkunjung ke waduk ini adalah di pagi hari, yaitu akan menjelang terbitnya matahari. Secara keseluruhan, akses transportasi menuju waduk ini tergolong cukup mudah. Jalan untuk menuju ke waduk ini pun juga sudah diaspal dan pastinya akan semakin mudah untuk dijangkau Dan kerennya waduk ini bisa Anda kunjungi secara gratis loh.

5. OBJEK WISATA ALAM GRAPE MADIUN
Wisata Alam Grape. Ialah Wisata alam ini berlokasi di Desa Kresek, Kec. Wungu, Kab. Madium. Dari pusat Kota Madiun objek wisata ini berjarak sekitar 15 Km serta dapat ditempuh dalam kurun waktu 30 menit perjalanan.

Fasilitas wisata yang ditawarkan tempat ini juga tergolong cukup lengkap. Bila Anda sedang liburan di Madiun bersama keluarga, tempat ini benar – benar sangat pas untuk Anda jadikan sebagai objek wisata keluarga di Madiun.
Biaya tiket untuk masuk ke tempat wisata ini juga sangat murah, yaitu hanya seribu rupiah

Wisata Alam Grape juga menawarkan berbagai macam aktivitas wisata alam yang cukup menantang. Dari mulai wisata lintas alam, berkemah, bersepeda sampai dengan olahraga ekstrim panjat tebing, semuanya bisa Anda lakukan di tempat ini.

6. BASAH-BASAHAN DI AIR TERJUN KUCUR
Tempat wisata Alam di Madiun yang selanjutnya adalah Air Terjun Kucur. Air Terjun ini berlokasi di Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, kec. Dagangan, Kab. Madiun. Air terjun ini merupakan air terjun buatan yang didirikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kekeringan di musim kemarau.

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang berupa air terjun, tempat ini juga menyuguhkan aktivitas wisata yang menantang berupa sepeda jelajah. Bila Anda merupakan seorang pecinta olahraga sepeda, tempat ini sangat pas untuk Anda. Lokasi air terjun ini sangat mudah untuk diakses transportasi. Selain itu, tiket masuknya juga masih gratis dengan biaya parker 2rb .

MeskipunAir Terjun buatan, air terjun ini memiliki pemandangan yang cukup sangat indah. Salah satu tempat yang hitz di air terjun ini adalah keberadaan 4 tingkat air terjun dengan ketinggian yang beda.

7. AIR TERJUN BANYULAWE DONG
Lokasi Air Terjun Banyulawe di Desa Kepel, Kec. Kare. Kab. Madiun
Perjalanan yang dibutuhkan untuk dapat sampai ke lokasi air terjun ini memang tergolong cukup susah. Akan tetapi, karena kondisi alam di sepanjang perjalanan ke air terjun ini sangat sejuk , Anda nantinya tidak akan merasakan lelah. Dan, karena masih belum dikelola dengan baik, pengunjung nantinya tidak akan dikenai biaya tiket masuk sama sekali.

8. MENAKLUKAN KETINGGIAN GUNUNG WILIS
yang terakhir ialah Gunung wilis yang membentang di lima daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur, yaitu di wilayah Kediri,Nganjuk,Trenggalek,Tulungagung, dan Ponorogo. Tempat ini berada di ketinggian 2.169 mdpl, sehingga Gunung Wilis menimbulkan suasana yang sejuk dan asri. Dan di kalangan para sejarah, Gunung Wilis sangat terkenal sebagai gunung yang pernah dilewati oleh pasukan gerilya saat mempersiapkan sebuah serangan umum pada 1 Maret 1949 ke Yogyakarta. pada kala itu, serangan pasukan gerilya yang dipimpin langsung oleh Jenderal Sudirman. Gunung wilis pada masa saat ini adalah termasuk gunung berapi yang sedang beristirahat. Karena gunung wilis tidak terlalu tinggi, gunung wilissaat ini merupakan sebuah salah satu gunung favorit yang selalu diramaikan oleh para pengunjung dan oleh para pecinta alam. Bila kamu tertarik untuk mendaki gunung wilis ini, kamu bisa melalui jalur utama yang terdiri akan areal perbukitan serta lembah.Biasanya waktu waktu ramai nya gunung ini ialah akhir pekan dan di hari besar / hari libur nasional.

itulah beberapa tempat wisata alam yang dapat kami jabarkan untuk kamu semua, 🙂 semoga membantu

Baca juga: Keunikan di balik air terjun seweru

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *