Madiun adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang memiliki destinasi wisata yang menarik serta cukup beragam. Kota ini juga sering disebut dengan Julukan Kota Gadis, bukan karena banyak gadis nya lho! Julukan kota Gadis ini ialah singkatan dari Perdagangan, Pendidikan serta Industri. Selain memiliki julukan kota Gadis, kota ini juga memiliki banyak sekali julukan menarik lainnya. Seperti kota Brem, kota Pecel, kota Sastra, kota Sepur dan kota Industri.

Terlepas dari semua julukan yang dimiliki, potensi wisata di Madiun juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi saat liburan. Ada banyak sekali objek wisata di Madiun yang dapat memberikan sebuah pengalaman liburan yang sangat menyenangkan. Mulai dari tempat wisata alam, wisata sejarah atau budaya, wisata religi yang menawarkan permaianan yang seru dan menarik.

1. Monumen Kresek
Tempat wisata yang pertama adalah wisata sejarah yaitu Monumen Kresek, dimana monumen ini merupakan sebuah peninggalan sebagai salah satu saksi bisu atas peristiwa Madiun di zaman kala itu.
Monumen Kresek ini beralokasi di Desa Kresek, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur. Disini kita bisa belajar berbagai hal sejarah tentang keganaasan PKI pada tahun 1948 yang terjadi di Madiun.
Untuk fasilitas yang dimiliki oleh Monumen Kresek ini tentunya sangat lengkap sekali, seperti pendopo sebagai tempat istirahat, taman yang sangat menarik dan berisi tanaman yang langka, serta tempat parkir yang memadai.

2. Alun Alun Madiun
Tempat wisata yang kedua dan wajib untuk kamu kunjungi ialah Alun-alun yang berada di Kota Madiun. Disini kita dapat melakukan banyak sekali hal.
Jika datang di saat pagi hari, Alun-alun Madiun sangat cocok untuk berolahraga pagi, dengan berbagai fasilitas jogging track yang memadai. Sedangkan jika datang pada saat malam hari, kita bakal disuguhkan keramaian seperti layaknya pasar malam. Kita juga dapat jajanan kuliner lengkap ataupun ingin ngopi disekitaran Alun-Alun. Alun-alun Madiun juga dijadikan salah satu tempat ngumpul atau nongkrong favorit untuk anak muda sekitar.

3. PALANG MEJAYAN DI MADIUN
Tempat wisata di Madiun yang selanjutnya ialah Palang Mejayan. Palang Mejayan yang juga sering disebut dengan sebuah nama Situs Rumah Palang yaitu merupakan tempat wisata sejarah yang sangat terkenal di kalangan wisatawan yang pernah berkunjung di Madiun.
Tempat ini memiliki berbagai koleksi arca peninggalan Kerajaan Jawa Kuno yang masih sangat terjaga dengan baik. Palang Menjayan ini beralokasi di Jl. Panglima Sudirman, No. 79-A, Kota Caruban, Kab. Madiun. Tempat ini sangat mudah untuk dijangkau oleh wisatawan karena mengingat lokasinya sangat dekat dengan jalan lintas Madiun – Surabaya. Bila kamu tertarik untuk mengunjungi tempat ini, untuk hari normal tempat ini buka mulai dari pukul 4 pagi sampai dengan pukul 11 malam.

4. Taman Rekreasi Wisata Umbul
Taman Wisata Umbul merupakan sebuah taman peninggalan pada masa penjajahan Belanda yang memiliki beragam objek menarik. Dan dulu Pernah menjadi sebuah tempat wisata yang sangat digandrungi pada tahun 1970-an sampai 1990-an. Kemudian ditinggalkan, setelah tahun-tahun itu. Akan tetapi setelah dilakukan renovasi taman ini resmi dibuka pada tahun 2012 dan tampilan nya pun sangat bagus dan menarik
Di dalam lokasi ini terdapat sumber air belerang yang sangat hangat, serta memiliki kebun binatang mini dengan beberapa satwa yang berada di dalamnya. Taman rekreasi ini sangat lah terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata hitz yang sangat di gandrungi di Madiun. Selain menyediakan aneka permaianan air yang menarik, tempat ini juga dilengkapi dengan kolam renang, rumah makan dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

5. Situs Nglambangan
Situs Nglambangan ini merupakan sebuah peninggalan sejarah pada masa Kerajaan Majapahit dengan memiliki berbagai macam koleksi benda benda kuno dapa zaman dahulu yang bisa dilihat di tempat ini. Mulai dari artefak berupa sebuah lumbung, punden, hingga sumur, watu dakon, sendang dan pura Lembangsari yang sangat unik. Biasanya di lokasi ini juga sering diadakan ritual adat oleh masyarakat setiap malam 1 Suro. Lokasi nya : Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Madiun, Jawa Timur.

6. Makam dan Masjid Kuno Taman
Setelah menikmati liburan seru yang menyenangkan, kamu bisa sejenak berziarah ke sebuah makam Kanjeng Kyai Ageng Muhammad Kholifah, yaitu seorang ulama dari Banten. Dan Di lokasi ini, kamu juga dapat mendapatkan foto cantik dengan latar bangunan masjid yang kuno dan telah berdiri dari sejak tahun 1745 silam. Lokasi nya di Jl. Asahan Taman no 47, Madiun, Jawa Timur.

Categories: Info Wisata

1 Comment

Objek Wisata di Madiun Yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur! - Sewa Mobil Madiun | Madiunrentcar.com · September 28, 2018 at 10:04 am

[…] Baca juga: Wisata madiun paling disukai […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *